Jumat, 19 Oktober 2012

RPP Tumbuh Kembang Tumbuhan dan Hewan


Mata Pelajaran     : BIOLOGI
Kelas / Semester  : XI / 3
Program Studi       : Semua Jurusan
Pertemuan minggu ke : 1, 2, 3
Alokasi Waktu      : 3 x Pertemuan (6 x 45 menit)

Standar Kompetensi : 5. Menerapkan Konsep tumbuh kembang Tumbuhan dan Hewan

Kompetensi Dasar : 5.1. Menerapkan Konsep tumbuh kembang Tumbuhan

Indikator :
1. Membedakan pengertian pertumbuhan dan perkembangan
2. Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
3. Faktor-faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan diidentifikasikan
4. Masalah-masalah yang berhubungan dengan tumbuh kembang tumbuhan dirumuskan

I.
Tujuan Pembelajaran :
  1. Siswa dapat membedakan pertumbuhan dan perkembangan
  2. siswa dapat menjelaskan tahapan pertumbuhan tumbuhan
  3. siswa dapat menjelaskan faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan

II.
Materi Ajar
· pengertian dan konsep pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
· proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan (perkecambahan, pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder, zona pembelahan sel , perpanjangan sel, zona
diferensiasi jaringan)
· faktor-faktor (eksternal dan internal) yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman
III.
Metode Pembelajaran
· Ceramah – Tanya jawab – diskusi – Praktikum – Pengamatan – Pemberian Tugas – laporan
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
1. Salam pembuka, dan mengecek kehadiran siswa
2. Guru menerangkan garis besar materi Semester genap, alokasi waktu, serta model pembelajaran.
3. Brain storming dengan menjelaskan tujuan; cakupan materi, peta konsep pertumbuhan
4. Guru memberikan motivasi dan apersepsi : mengapa biji kacang hijau yang ditaruh di tempat berair akan menjadi kecambah, dan
kemudian akan menjadi tanaman yang dewasa? Jelaskan proses pertumbuhan tersebut?
B. Kegiatan inti (75 menit)
Eksplorasi :
5. Guru menjelaskan materi (dengan menggunakan multimedia pembelajaran /LCD) :
a. pengertian dan konsep pertumbuhan
b. pengertian dan konsep perkembangan
c. membedakan perkecambahan epigeal dan hypogeal dengan disertai gambar
d. Perbedaan pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder
6. penjelasan proses perkembangan (zona pembelahan sel , perpanjangan sel, zona diferensiasi jaringan)
Elaborasi :
7. Guru dengan menggunakan media gambar menjelaskan tentang perbedaan pertumbuhan pada tanaman dikotil dan monokotil dan siswa mengidentifikasi pertambahan
diameter batang,
8. Guru memfasilitasi peserta didik dengan pemberian tugas untuk menyebutkan contoh-contoh dari tanaman dikotil dan monokotil
Eksplorasi :
9. Guru menilai dan menjelaskan hasil identifikasi siswa tentang pertambahan diameter batang (pertumbuhan sekunder) pada dikotil dan tidak pada monokotil
10. Guru menjelaskan akan soal atau materi yang sulit dipahami siswa
C. Kegiatan akhir (5 menit)
11. Guru bersama siswa menyimpulkan materi dan menutup pelajaran hari ini
12. pemberian tugas kepada siswa untuk mempersiapkan bahan dan alat praktikum pada pertemuan selanjutnya pertumbuhan

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)


A. Kegiatan awal (10 menit)
1. Salam pembuka, dan mengecek kehadiran siswa
2. Persiapan alat dan bahan praktikum
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi :
3. Guru memfasilitasi dan menjelaskan pada siswa cara kerja praktikum pada lampiran 1
Elaborasi :
4. Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan kegiatan praktikum mandiri sesuai langkah kerja pada lampiran.
Eksplorasi :
5. Guru melakukan pengamatan kerja praktikum
C. Kegiatan akhir (10 menit)
6. Siswa dan guru membuat kesimpulan
7. memberikan tugas laporan hasil pengamatan /praktikum perkecambahan tumbuhan secara mandiri
8. Salam penutup

Pertemuan 3 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)
1. Salam pembuka, dan mengecek kehadiran siswa
2. Guru melakukan reviewing hasil praktek mandiriatas pertemuan sebelumnya, serta memberikan motivasi dan apersepsi : Bagaimana hasil pertumbuhan antara di tempat yang terang dengan di tempat yang gelap?
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi :
3. siswa berdiskusi menyelesaikan permasalahan pada pelaksanaan praktek mandiri
4. Pembahasan pengaruh faktor-faktor lingkungan luar (nutrisi – Cahaya – suhu dan kelembaban) terhadap pertumbuhan
5. pembahasan pengaruh faktor dalam (hormon dan genetik)
Elaborasi :
6. mengadakan forum tanya jawab materi Pembelajaran dengan penekanan konsep-konsep penting
Eksplorasi :
7. Guru membatu menyelesaikan masalah
C. Kegiatan akhir (10 menit)
8. Siswa mengikuti pos tes
9. Salam penutup

V.
Alat / Bahan / Sumber Belajar / Media Pembelajaran
A. Alat : penggaris, spidol Ohv (permanen)
B. Bahan : biji kacang hijau / kedelei / padi / jagung, atau siung bawang merah.
C. Sumber Belajar :
1. Biologi Pertanian jilid 2. 2008. Amelia Zuliyanti Siregar, dkk. BSE
2. Biologi 2000 jilid IIA. Drs. Istamar Syamsuri, M.Pd, dkk. Erlangga
D. Media Pembelajaran: slide komputer, bahan dari internet
VI. Penilaian
A. Jenis penilaian : Tes tertulis, Laporan, Tugas
B. Bentuk Instrument : Essay tes / uraian, objektif tes

Soal (instrumen penilaian)
Tipe A.
1. Jelaskan perbedaan pengertian pertumbuhan dengan perkembangan?
2. Gambar dan jelaskan tentang perkecambahan hypogeal?
3. Apa yang dimaksud dengan “etiolasi” dan bagaimana pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman?
4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Imbibisi?
5. Apakah fungsi dari hormon berikut :
a. Auksin
b. Etilen
c. Antokalin
Tipe B.
1. Mengapa pada tanaman monokotil tidak terjadi pertumbuhan sekunder?
2. Gambar dan jelaskan tentang perkecambahan Epigeal?
3. Apa yang dimaksud dengan Unsur Makro nutrient pada tanaman dan sebutkan yang termasuk makro nutrien?
4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Partenokarp dan hormon apa yang berperan?
5. Apakah fungsi dari hormon berikut :
  1. Sitokinin
  2. Asam traumalin
  3. Rhizokalin
Skor = Σ betul x 2



Tidak ada komentar:

Posting Komentar