Kamis, 11 Oktober 2012

RPP BIOLOGI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama sekolah                 : SMK NEGERI 2 BENGKULU SELATAN

Mata Pelajaran                : Biologi

Kelas / Semester             : XII
Program Studi                 : Semua Jurusan

Pertemuan minggu ke    : 
Alokasi Waktu                 :
Standar Kompetensi      : Mengidentifikasi Proses Reproduksi Pada Tumbuhan dan Hewan

Kompetensi Dasar          : 6.3.
Mengidentifikasi proses Reproduksi pada Hewan

Indikator                         :
1.    Menjelaskan proses reproduksi Vegetatif  dan generatif hewan
2.    Menggambarkan struktur organ reproduksi mamalia
3.    menjelaskan pembentukan gamet hewan
4.    menjelaskan proses reproduksi seksual vertebrata dan
macam-macam pembuhan internal (ovipar, vivipar, ovovivipar)


I.
Tujuan Pembelajaran :
  1. siswa dapat menjelaskan proses
    reproduksi vegetatif hewan
  2. dapat menggambarkan struktur organ
    reproduksi mamalia
  3. dapat menjelaskan pembentukan gamet
    hewan (oogenesis dan spermatogenesis)
  4. dapat menjelaskan macam-macam pembuahan
    generatif internal (ovipar, vivipar, ovovivipar)

II.
Materi Ajar:
1.    Reproduksi pada hewan (Jenis-jenis reproduksi, Pembentukan gamet, dan
pembuahan
2.    Organ dan sistem reproduksi pada jantan
3.    Organ dan sistem reproduksi pada betina
4.    Pembentukan sel kelamin (oogenesis dan spermatogenesis)
5.    pembuahan generatif eksternal dan internal (ovipar,
vivipar, ovovivipar)


III.
 Metode Pembelajaran
·
Ceramah – Tanya jawab – diskusi – Praktikum – Pengamatan
- Pemberian Tugas – Laporan

IV.   Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 15 (2 jam pelajaran)
 

A.
Kegiatan awal (10 menit)
1.    Salam pembuka, dan mengecek kehadiran siswa
2.    Guru melakukan review atas materi
pertemuan sebelumnya, serta memberikan
motivasi dan apersepsi : taukah kalian bagaimana cacing bereproduksi?  

B.
Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi :
3.    Guru menjelaskan materi (dengan menggunakan
multimedia pembelajaran /LCD)
:
a.    proses reproduksi aseksual pada hewan
b.    contoh-contoh hewan yang bereproduksi dengan aseksual
c.    struktur organ reproduksi hewan jantan dan betina
4.    Guru menjelaskan reproduksi vegetatif
hewan
Elaborasi :
5.
Siswa mengkaji literatur tentang proses
reproduksi aseksual pada hewan
6.    Siswa mengidentifikasi dan menggambar struktur organ reproduksi hewan
jantan dan betina
Konfirmasi:
7.    Guru menilai hasil identifikasi dan gambar siswa
8.    Guru menjelaskan materi dan pertanyaan yang sulit dipahami siswa

C.
Kegiatan akhir (10 menit)
9.    membuat kesimpulan hasil pembelajaran
10.  pemberian tugas (PR)
11.  salam penutup

Pertemuan 16 (2 jam pelajaran)
 

A.
Kegiatan awal (20 menit)
1.    Salam pembuka, dan mengecek kehadiran siswa
2.    Guru melakukan review atas materi pertemuan sebelumnya, serta
memberikan  motivasi dan apersepsi
: pernahkah kalian mengamati perbedaan perkembangbiakan ayam dengan sapi?  
3.    pembahasan tugas (PR)

B.
Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi :
4.    Guru menjelaskan materi (dengan menggunakan
multimedia pembelajaran /LCD)
:
a.    pembentukan sel kelamin (oogenesis dan spermatogenesis)
b.    proses pembentukan gamet spermatogenesis dan oogenesis
Elaborasi :
5.    Siswa mengkaji literatur tentang proses proses terjadinya
fertilisasi dan perkembangan embrio
6.    Siswa mengkaji literatur tentang reproduksi secara seksual pada hewan,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar