Minggu, 14 Oktober 2012

Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah

Dunia pendidikan baik itu formal maupun non formal memiliki peran strategis untuk turut meminimalisir laju kerusakan lingkungan hidup.

Dunia pendidikan sejatinya menjadi garda terdepan untuk membangun generasi yang sadar ekologi, sehingga materi tentang lingkungan hidup menjadi salah satu kurikulum dalam sistem pendidikan formal sudah selayaknya direalisasikan.
Harus terjadi upaya komprehensif untuk membangun masyarakat yang sadar ekologis untuk menciptakan pembangunan yang berkelanjutan, sehingga laju kerusakan lingkungan hidup dapat diminimalisir. Salah satu upaya itu melalui pendidikan

Langkah-langkah progresif untuk menekan laju kerusakan lingkungan hidup , salah satunya dengan gencar melakukan sosialisasi dan pendidikan akibat dari krisis ekologi yang akan diderita masyarakat. Indikasi yang sekarang mulai terasa adalah meningkatnya kasus penyakitan ISPA yang diderita masyarakat serta krisis air bersih.
Salah satu capaian yang ingin diraih dari kurikulum ini adalah menciptakan rasa cinta siswa terhadap lingkungan hidup.   Langkah-langkah untuk mendorong materi lingkungan hidup ini menjadi kurikulum di sekolah, karena hal tersebut tentu berdampak positif terhadap kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar